Halo gaes! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai Perbedaan Include dan Extend pada Use Case Diagram. Adapun penjelasannya, yaitu sebagai berikut:

Perbedaan Include dan Extend padaUse Case Diagram

Include relationship ditujukan untuk menggunakan kembali behaviour yang dimodelkan oleh use case lain. Sedangkan Extend relationship dimaksudkan untuk menambahkan bagian untuk use case yang ada serta untuk pemodelan sistem layanan opsional. (Overgaard and Palmkvist, Use Cases: Patterns and Blueprints. Addison-Wesley, 2004).

Include

Include digunakan untuk mengekstrak use case menjadi bebrapa potongan yang digandakan dalam beberapa use case. Termasuk use case tidak dapat berdiri sendiri dan use case asli tidak lengkap tanpa include satunya. Ini harus digunakan secukupnya yang hanya dalam kasus dimana duplikasi yang signifikan dan ada dengan desain (bukan secara kebetulan).

Implementasi include:

<<include>> termasuk didalam use case lain required (diharuskan).


  1. Pemanggilan use case oleh use case lain, contohnya adalah pemanggilan sebuah fungsi program.
  2. Tanda panah terbuka harus terarah ke sub use case.
  3. Gambarkan association include secara horizontal.

Extend

Extend digunakan ketika kasus penggunaan bersyarat menambahkan langkah-langkah untuk kasus pertama menggunakan kelas lain.

Implementasi extend:

<<extend>> perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi.


  1. Kurangi penggunaan association Extend ini, terlalu banyak  pemakaian association ini membuat diagram sulit dipahami.
  2. Tanda panah terbuka harus terarah ke parent / base use case.
  3. Gambarkan association extend secara vertical.
Bagaimana gaes mengenai penjelasan Perbedaan Include dan Extend pada Use Case Diagram apakah ada yang ditanyakan? Jika ya silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar ya gaes, terimakasih salam semangat 😉

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama