• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Evaluasi IMK website PT POS INDONESIA Online Tugas Mata Kuliah IMK

Evaluasi IMK website PT POS INDONESIA Online

Pengertian Evaluasi IMK

Evaluasi adalah sebuah proses yang secara sistematis mengumpulkan data yang menginformasikan kepada kita tentang pendapat seseorang atau sekelompok user mengenai pengalamannnya menggunakan sebuah produk untuk sebuah tugas tertentu dalam sebuah lingkungan tertentu.

Tujuan:

Adapun tujuan dari evaluasi imk pada website PT POS INDONESIA Online yaitu :
  1. Untuk memeriksa apakah pengguna dapat menggunakan produk tersebut dan menyukainya (website PT POS INDONESIA Online).
  2. Untuk mengetahui apakah fasilitas yang disediakan sangat membantu, memuaskan, efektif, efisien, dan lain-lain.

Metodologi

Metodologi yang digunakan yaitu Usability testing, dimana  evaluasi ini melibatkan pengukuran kinerja user dalam mempersiapkan tugasnya secara hati-hati, dari proses inilah maka dibuatkan desain sistemnya, evaluasi ini menggunakan kuesioner dan wawancara kepada user tentang kepuasannya menggunakan sistem tersebut.
Pada hal ini kami menggunakan khususnya kuesioner dengan melibatkan 10 orang atau pengguna untuk melakukan penilaian, dan untuk skala likert menggunakan 5 skala. Untuk kriteria yang digunakan dalam evaluasi ada 6 kriteria.

Website PT POS INDONESIA Online

Hasil penilaian website PT POS INDONESIA Online dari evaluator

Kriteria
Evaluator
Rata - Rata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Layout
3
3
4
3
4
4
4
4
4
4
3,7
Kecepatan akses
4
4
3
4
4
3
3
3
3
3
3,4
Pelayanan
5
5
4
4
5
4
3
4
4
4
4,2
Prosedur akses, misanya : lacakan kiriman, dsb.
3
3
4
4
5
4
4
4
5
5
4,1
Perpaduan warna
2
2
4
2
3
4
3
3
4
4
3,1
Informasi yang selalu up to date
3
3
4
2
4
3
4
4
4
4
3,5
Rata - Rata
3,15

Dari hasil tersebut, maka secara keseluruhan pendapat para evaluator adalah Netral karena nilai dari keseluruhan rata – rata 3,15.
Kriteria yang paling bagus adalah pelayanan dengan nilai rata – rata 4,2 , sedangkan yang harus mendapat perhatian lebih baik adalah kriteria perpaduan warna karena nilai rata – rata 3,1.

Kesimpulan:

Dari hasil dan pembahasan diatas kami dapat menarik sebuah kesimpulan yaitu hasil keseluruhan pendapat para evaluator adalah Netral karena nilai dari keseluruhan rata – rata 3,15. Sedangkan Kriteria yang paling bagus adalah pelayanan dengan nilai rata – rata 4,2 , dan yang harus mendapat perhatian lebih baik adalah kriteria perpaduan warna karena nilai rata – rata 3,1.

Kritik dan Saran:

Untuk kriteria perpaduan warna memang kurang merarik meskipun warna oranye dan hitam merupakan warna perusahaan tersebut tetapi akan lebih bagus lagi jika dipadukan ataupun dikombinasikan dengan warna lain, sehingga pada perpaduan warna perlu pengembangan lagi.

1 komentar:

  1. Contoh KUESIONER EVALUASI IMK WEBSITE PT POS INDONESIA Online anda bisa baca di https://www.ilhamakbarilahi.my.id/2017/03/contoh-kuesioner-evaluasi-imk-website.html

    BalasHapus

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com